Askep Jiwa Harga Diri Rendah Implementasi Keperawatan

Implementasi Keperawatan

CATATAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

Nama klien      : Tn. J                                      Nama perawat/mahasiswa : xxxxxx
No. CM           : 25.xx.xx
Ruangan          : Yudistira
Hari/Tgl/Pukul
No. Dx Kep
Implementasi
Evaluasi
Paraf
Selasa
26 Februari 2013
Jam 08.30 – 08.45
Harga diri rendah
-          Membina hubungan saling percaya
S :- Klien menyebutkan namanya Jainudin
-          Klien mengatakan ada rasa bingung dan malu
-          Klien mengatakan tinggal di Indramayu
-          Klien mengatakan sebelum tinggal bersama
O : - Raut wajah klien tampak tenang
-          Klien tampak bersahabat dengan perawat
-          Klien menyebutkan kegiatan sehari-hari
A : - Klien mampu membina hubungan saling percaya dengan perawat
PK : - Menganjurkan klien untuk tetap menjalin komunikasi dengan teman/klien lain
PP : - Melanjutkan intervensi, melatih klien untuk mengembangan kemampuan yang dimiliki


CATATAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

Nama klien      : Tn. J                                      Nama perawat/mahasiswa : xxxxxx
No. CM           : 25.xx.xx
Ruangan          : Yudistira

Hari/Tgl/Pukul
No. Dx Kep
Implementasi
Evaluasi
Paraf
Rabu
27 februari 2013
Jam 09.00 – 09.15 WIB
Harga Diri Rendah
SP I
-          Mengindentifikasi kemampuan yang dimiliki klien
-          Membantu klien menilai kemampuan klien
-          Membantu klien memilih kegiatan yang akan di latih sesuai dengan kemampuan klien
-          Melatih klien sesuai kemampuan yang di pilih
-          Memberikan pujian yang wajar terhadap keberhasilan klien
-          Menganjurkan klien memasukan dalam kegiatan harian
S: - Klien mengatakan setiap pagi selalu mandi, jalan santai bersama pasien lagi, mencuci piring setelah makan, merapikan tempat tidur
O:- Klien tampak kooperatif dengan perawat
-          Klien menyebutkan kemampuan yang dimilikinya
A: - Klien mampu menulis sendiri kegiatan yang telah dilakukan dari bangun tidur
PK:
-     Menganjurkan klien untuk percaya diri dan membuang persepsi negative
-     Menganjurkan klien untuk memasukkan dalam kegiatan harian
PP :
-     Melanjutkan intervensi SP I dan melaksanakan SP II



CATATAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

Nama Klien     : Tn. J                                                              Nama perawat : xxxxxx
No CM            : 25 xx xx
Ruang              : Yudistira
Hari/Tgl
No. Dx Kep
Implementasi
Evaluasi
Paraf
27/02/2013
09.30 WIB

Defisit perawatan diri
SP II
Diskusikan dengan klien:
-          Penyebab klien tidak merawat diri
-          Manfaat menjaga perawatan diri untuk keadaan fisik, mental dan social
-          Tanda-tanda perawatan diri yang baik
-          Penyakit atau gangguan kesehatan yang bias dialami oleh klien bila perawatan diri tidak adekuat.
S:
-          Klien mengatakan fasilitas diruangan tidak memadai
O:
-          Klien tampak kurang rapi karena rambutnya panjang
A:
-          Klien mampu menyebutkan tidak merawat diri
PP:
-          Menganjurkan klien tetap melakukan kegiatan merawat diri
PK:
-          Melanjutkan intervensi SP II yaitu menganjurkan klien untuk tetap merawat diri (Mandi, gosok gigi, berpakakian,keramas,gunting).
















CATATAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

Nama Klien     : Tn. J                                                  Nama perawat : xxxxxx
No CM            : 25 xx xx       
Ruang              : Yudistira
Hari/Tgl

No.Dx Kep
Implementasi
Evaluasi
Paraf
Kamis/
28/02/2013
Jam 08.30 – 08.45
Defisit Perawatan Diri
SP III
-          Diskusikan frekuensi menjaga perawatan diri (mandi, gosok gigi, keramas, berpakaian, berhias, gunting kuku)
-          Menjelaskan perawatan diri yang baik dan benar
S :
-          klien mengatakan mandi 2x sehari, gosok gigi setiap hari, keramas dan mengganti pakaian
-          Klien mengatakan sudah memotong kuku
O :
-          kuku klien tampak pendek
-          Klien tampak bersih
-          Rambut klien tampak kurang rapi
A : klien mempu melakukan perawatan diri secara mandiri
PK : menganjurkan klien untuk tetap melakukan perawatan diri
PP : Lanjutkan intervensi SP III.



CATATAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

Nama klien      : Tn. J                                      Nama perawat/mahasiswa :  xxxxx
No. CM           : 25.xx.xx
Ruangan          : Yudistira
Hari/Tgl/Pukul
No. Dx Kep
Implementasi
Evaluasi
Paraf
Kamis/  
28 Februari 2013
12.00-12.30
Harga Diri Rendah
SP II
1.      Mengevaluasi jadwal kegiatan harian
2.      Melatih kemampuan klien
3.      Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian
S: -  Klien mengatakan sudah mengertian cara melatih kemampuan yaitu mencuci tangan sendiri sebelum makan dan sesudah makan
O: - Klien kooperatif dengan perawat
-          Klien melakukannya sebelum dan setelah makan siang
A: Klien mampu melakukan hal-hal yang dianjurkan perawat dengan bantuan dari perawat
PK: Menganjurkan klien untuk terus melakukan kegiatan tersebut
PP: Melanjutkan intervensi, melatih klien untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki



CATATAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

Nama Klien     : Tn. J                                                              Nama perawat : xxxxxx
No CM            : 25 xx xx     
Ruang              : Yudistira
Hari/Tgl

No.Dx Kep
Implementasi
Evaluasi
Paraf
28/02/2013
08.30 WIB
Defisit perawatan diri
SP III
Diskusikan frekuensi menjaga perawatan diri selama ini
-          Mandi
-          Gosok gigi
-          Keramas
-          Berpakaian
-          Berhias
-          Gunting
Menjelaskan perawatan diri yang baik dan baik

S:
-          Klien mengatakan mandi 2x sehari, gosok gigi setiap hari, keramas, dan berpakaian
O:
-          Kuku klien tampak pendek
-          Klien tampak bersih
-          Rambut klien tampak kurang rapi
A:
-          Klien mampu melakukan perawatan diri secara mandiri
PK:
-          Menganjurkan klien untuk tetap melakukan perawatan diri
PP:
-          Lanjutkan intervensi SP III


















CATATAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

Nama klien      : Tn. J                                      Nama perawat/mahasiswa : xxxx
No. CM           : 25.xx.xx
Ruangan          : Yudistira

Hari/Tgl/Pukul
No. Dx Kep
Implementasi
Evaluasi
Paraf
Jum’at 01 Maret 2013
Jam 12.20 – 12.40 WIB
Harga Diri Rendah
SP III
1.      Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien
2.      Melatih kemampuan klien
3.      Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian
S: Klien mengatakan mengerti cara melatih kemampuan yaitu mencuci tangan sebelum makan dan mencuci piring menggunakan sabun
O:- Klien kooperatif dengan perawat
-          Klien dapat melakukannya sendiri dengan bantuan perawat
A:- Klien mampu melakukan hal-hal yang di anjurkan perawat
PK: Menganjurkan klien untuk melakukan kegiatan tersebut ke dalam jadwal kegiatan harian
PP: Melanjutkan intervensi




CATATAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

Nama klien      : Tn. J                                      Nama perawat/mahasiswa : xxxxx
No. CM           : 25.xx.xx
Ruangan          : Yudistira
Hari/Tgl/Pukul
No. Dx Kep
Implementasi
Evaluasi
Paraf
Sabtu/
02 Maret 2013
12.00-12.30
Harga Diri Rendah
SP III
1.      Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien
2.      Melatih kemampuan klien
3.      Menganjurkan klien memasukan kedalam jadwal kegiatan harian klien
S: -Klien mengatakan mengerti cara melatih kemampuan yaitu mencuci tangan sebelum makan dan mencuci piring menggunakan sabun
O: - klien kooperatif dengan perawat
-          Klien dapat melakukannya sendiri
A: Klien mampu melakukan hal-hal yang dianjurkan perawat secara mandiri
PK: Menganjurkan klien melakukan kegiatan tersebut dan memasukan kedalam jadwal kegiatan harian
PP: Intervensi dilanjutkan



CATATAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

Nama klien      : Tn. J                                      Nama perawat/mahasiswa : xxxxx
No. CM           : 25.xx.xx
Ruangan          : Yudistira

Hari/Tgl/Pukul
Nm. Dx Kep.
Implementasi
Evaluasi
Paraf
Senin/
4 Maret 2013
10.30-10.50 WIB
Isolasi Sosial
SP I
-          Mengidentifikasi penyebab isolasi social
-          Berdiskusi dengan pasien tentang   keuntungan erinteraksi dengan orang lain
-          Berdiskusi dengan pasien tentang kerugian menarik diri
-          Mengajarkan klien cara berkenalan dengan satu orang


S: -Klien mengatakan senang berkenalan dengan temannya
- Klien mengatakan akan mencoba melakukan kegiatan yang telah diajarkan suster
O : - Klien tampak kooperatif dengan perawatan
-Klien dapat melakukan tindakan yang diajarkan oleh perawat
A : - Klien mampu melakukan hal yang di contohkan perawat
PK : - Menganjurkan klien untuk melakukan kegiatan tersebut dan memasukan ke dalam jadwal kegiatan
PP : Intervensi di lanjutkan



CATATAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

Nama Klien     : Tn. J                                                  Nama perawat : xxxxxx
No CM            : 25 xx xx       
Ruang              : Yudistira
Hari/Tgl

No.Dx Kep
Implementasi
Evaluasi
Paraf
Selasa/
05/03/2013
Jam 12.30 – 12.40
Isolasi sosial
SP II
-    Mengevaluasi jadwal kegiatan harian
-    Memberi kesempatan kepada pasien mempraktekan cara berkenalan dengan satu orang
-    Membantu pasien memasukan kegitan berbincang-bincang dengan orang lain
S : - klien tampak termenung
-  Klien kadang menundukan kepala ketika interaksi
-  Klien suka menyendiri
O :
-          klien tampak jarang berinteraksi
-          klien lebih suka tidur
A : klien mampu berinteraksi dengan temannya
PK : menganjurkan klien untuk tetap sering berinteraksi dengan temannya serta berkenalan dengan yang lain
PP : melanjutkan intervensi isos II yaitu membantu pasien untuk lebih sering berinteraksi dengan teman – temannya



CATATAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

Nama Klien     : Tn. J                                                              Nama perawat : xxxxxx
No CM            : 25 xx xx       
Ruang              : Yudistira

Hari/Tgl

No.Dx Kep
Implementasi
Evaluasi
Paraf
Rabu/
06/03/2013
Jam 08.30 – 08.15
Isolasi Sosial
SP III
-    Mengevaluasi jadwal kegiatan harian
-    Memberi kesempatan kepada pasien mempraktekan cara berkenalan dengan dua orang
-          Membantu pasien memasukan kegitan berbincang-bincang dengan orang lain
S : Klien mengatakan senang berkenalan dengan temannya
O : Klien tampak berinteraksi dengan temannya
A : Klien mampu mepraktekan kegiatan yang dicontohkan oleh perawat
PK : menganjurkan klien untuk tetap sering berinteraksi dengan temannya serta berkenalan dengan yang lain
PP : melanjutkan intervensi isos III yaitu membantu pasien untuk lebih sering berinteraksi dengan teman – temannya

Tidak ada komentar: