Strategi Pelaksanaan Defisit Perawatan Diri

                                                         Strategi Pelaksanaan Defisit Perawatan Diri 

Nama Klien              : Tn I
Pertemuan/SP ke      : 6 / 1
Hari/Tanggal            : Senin/10 Maret 2014
Ruangan                   : Yudistira
A.  Proses Keperawatan
1.    Kondisi klien
DS : Klien mengatakan mandi tidak pakai sabun,tidak menggosok gigi
DO : Klien tampak tidak rapi,kuku klien kotor,gigi kuning
2.      Diagnosa Keperawatan
Defisit Perawatan Diri
3.      Tujuan
Klien bisa melakukan kebersihan diri dengan benar
4.      Tindakan
·      Menjelaskan pentingnya kebersihan diri
·      Jelaskan cara menjaga kebersihan diri
·      Membantu klien mempraktekkan cara menjaga kebersihan diri
·      Mengajarkan klien memasukkan kedalam kegiatan harian
B.  Strategi Komunikasi
1.      Orientasi
a.       Salam terapeutik
“Selamat pagi I,bagaimana perasaan I hari ini ?”
b.      Evaluasi Validasi
“I, bagaimana yang diajarkan suster kemarin, sudah dilakukan ?”
c.       Kontrak
·      Topik
“Sesuai janji kita kemarin, hari ini kita akan membahas tentang menjaga kebersihan diri dan cara mempraktekkannya.”
·         Waktu
“ I maunya jam berapa ? Berapa lama ? Bagaimana kalau 15 menit saja ?”
·         Tempat
“ I maunya tempatnya dimana ? Bagaimana kalau disini saja ?”
·         Tujuan
“ Agar I bisa menjaga kebersihan diri.“
2.      Fase Kerja
Baiklah I,hari ini sudah mandi ? Menurut I apa kegunaan mandi ? Coba praktekkan didepan suster bagaimana cara mandi ? suster akan membimbing I melakukannya, cara yang pertama I gosok gigi,yang kedua I bersihkan seluruh badan pakai sabun,kemudian keramas pakai shampo,terus bapak bilas dengan air bersih ?”
“Ya bagus nanti I mandi sore jangan lupa cara mandi yang suster ajarkan tadi.Nanti jangan lupa I masukkan kedalam jadwal kegiatan harian I ya.”

3.      Fase Terminasi
a.       Evaluasi Subjektif
Bagaimana perasaan I setelah kita berbincang-bincang dan latihan cara mandi yang benar ?”
b.      Evaluasi Objektif
“Bagus I sudah bisa menyebutkan cara mandi yang benar.”
c.       Rencana Tindak Lanjut
Bagaimana kalau jadwal mandi I kita masukkan kedalam jadwal kegiatan harian.”
d.      Kontrak
Topik     : “Bagaimana kalau besok kita berbincang-bincang lagi tentang cara makan yang        baik
Waktu   : “Kira-kira I mau jam berapa ? mau berapa lama ?”
Tempat  : “Dimana kita ngobrolnya ?”
Tujuan   : “agar I bisa mempraktekkan cara makan yang benar”



SETRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN  KEPERAWATAN
SP 2 : PASIEN
DEFISIT PERAWATAN DIRI

Nama pasien                            : Tn. I
Hari / tanggal                          : Senin, 10-03-2014
sp / Pertemuan ke                    : 2 / 7

A.  Proses keperawatan
1.    Kondisi klien
DS         :
·         Klien mengatakan makan 3X sehari
DO         :
·         Klien tampak nafsu makan

2.    Diagnosa keperawatan
Defisit Perawatan Diri

3.    Tujuan khusus
-       Klien mampu melakukan kegiatan kebersihan secara mandiri
-       Klien mampu menjelaskan cara makan yang baik
-       Klien mampu mempraktekkan cara makan yang benar

4.      Tindakan keperawatan
-       Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
-       Menjelaskan cara makan yang baik
-       Membantu pasien mempraktekkan makan yang baik
-       Menganjurkan pasien ut=ntuk memasukkan kkegiatan ini kedalam jadwal kegiatan harian pasien

B.  STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TINDAKAN

A.       ORIENTASI
·      Salam terapeutik
Selamat pagi pak ?
·      Evaluasi validasi
Bagaimana perasaan bapak hari ini ? apakah sudah mengerti cara mandi yang suster ajarkan ke bapak ?


·      Kontrak

-     Topik      : Bapak,sesuai dengan janji kita tadi, hari ini kita akan                        latihan cara makan yang baik ya ?
-     Waktu    : Jam berapa ? sekarang ya pak ? berapa lama waktu                           yang kita butuhkan ?
-     Tempat   : Di mana ?
-     Tujuan    : Agar bapak bisa mempraktekkan cara makan yang                            benar dan baik.

B.     FASE KERJA

Baiklah bapak, apa yang bapak lakukan sebelum makan ? ya bagus ! cuci tangan terlebih dahulu dan jangan lua baca do’a juga,  “apa yang bapak lakukan setelah makan ? ya bagus ! cuci piring. Apalagi setelah itu ? bapak harus membersihkan meja selesai makan

C.     Fase terminasi

·      Evaluasi Subjektif
Bagaimana perasaan bapak setelah kita berbincang-bincang tentang cara makan yang baik ?

·      Evalusai Objektif
Coba bapak ulangi lagi apa yang sudah suster ajarkan tadi tentang cara makan yang baik.bapak masih ingat ?

·      Rencana Tindakan lanjut
Bagaimana kalau kita masukkan kegiatan ini dalam jadwal harian bapak?

·      Kontrak
-     Tipok      : Bagaimana besok kita berbincang-bincang tentang                            cara  BAB / BAK yang baik ?
-     Waktu    : Jam berapa ? berapa lama waktu yang kita butuhkan ?
-     Tempat   : maunya di mana tempatnya ?
-     Tujuan    : Agar bapak bisa mempraktekkan cara BAB / BAK                                       yang baik ?

SETRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN  KEPERAWATAN
SP 3 : PASIEN
DEFISIT PERAWATAN DIRI

Nama pasien                            : Tn. I
Hari / tanggal                          : Selasa, 11-03-2014
sp / Pertemuan ke                    : 3 / 8

A.    Proses keperawatan
1.      Kondisi klien
DS         :
·         Klien mengatakan senang, klien mengatakan sudah mandi dan makan hari ini
DO :
·         Klien tampak senang dan ceria

2.      Diagnosa keperawatan
Defisit Perawatan Diri

3.    Tujuan khusus
-       Klien mampu menjelaskan cara eliminasi dengan baik
-       Klien mampu mempraktekkan cara eliminasi yang baik
-       Klien mampu memasukkan dalam jadwal kegiatan harian

4.      Tindakan keperawatan
-       Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
-       Menjelaskan cara eliminasi yang baik
-       Membantu pasien mempraktekkan cara eliminasi yang baik
-       Menganjurkan pasien untuk memasukkan kegiatan ini kedalam jadwal kegiatan harian pasien

B.     STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TINDAKAN

1.      ORIENTASI
·      Salam terapeutik
Selamat pagi pak ?
·      Evaluasi validasi
Bagaimana perasaan bapak hari ini ? Apakah sudah bapak praktekkan cara makan yang baik seperti yang saya ajarkan kemaren?


·      Kontrak

-     Topik      : Bgaimana kalau kita berbincang-bincang tentang cara BAB/BAK yang baik pak, bapak mau?
-     Waktu    : Jam berapa ? sekarang ya pak ? berapa lama waktu                           yang kita butuhkan ?
-     Tempat   : Di mana ?
-     Tujuan    : Agar bapak bisa mempraktekkan cara BAB/BAK dengan baik.
-      
2.      FASE KERJA

Baiklah bapak kita akan membahas cara BAB yang baik, setelah bapak BAB yaitu dengan menyiram air dari arah depan ke belakang, jangan sampai terbalik pak ya. Cara ini untuk mencegah kotoran yang di pantat masuk kekemaluan, setelah BAB jangan lupa kotorannya di bersihkan. Caranya siram kotoran pakai air sampai bersih dan tidak ada tersisa kotorannya di toilet.

C.     Fase terminasi

·      Evaluasi Subjektif
Bagaimana perasaan bapak setelah kita berbincang-bincang tentang cara BAB dengan baik?

·      Evalusai Objektif
Coba bapak ulangi lagi apa yang sudah suster ajarkan tadi tentang cara BAB yang baik.bapak masih ingat ?

·      Rencana Tindakan lanjut
Bagaimana kalau kita masukkan kegiatan ini dalam jadwal harian bapak?

·      Kontrak
-     Tipok      : Bagaimana besok kita berbincang-bincang tentang                            cara berdandan yang baik ?
-     Waktu    : Jam berapa ? berapa lama waktu yang kita butuhkan ?
-     Tempat   : maunya di mana tempatnya ?
-     Tujuan    : Agar bapak bisa mempraktekkan cara berdandan



SETRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN  KEPERAWATAN
SP 4 : PASIEN
DEFISIT PERAWATAN DIRI

Nama pasien                            : Tn. I
Hari / tanggal                          : Rabu, 12-03-2014
sp / Pertemuan ke                    : 4 / 9

A.    Proses keperawatan
1.      Kondisi klien
DS   :
·         Klien mengatakan senang, klien mengatakan sudah mandi dan makan
DO   :
·         Klien tampak senang

2.      Diagnosa keperawatan
Defisit Perawatan Diri

3.   Tujuan khusus
-       Klien mampu melakukan perawatan diri seperti berdandan
-       Klien mampu menjelaskan cara berdandan
-       Klien mampu memasukkan dalam jadwal harian

4.   Tindakan keperawatan
-       Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
-       Menjelaskan cara berdandan
-       Membantu pasien mempraktekkan cara berdandan
-       Menganjurkan pasien untuk memasukkan kegiatan ini kedalam jadwal kegiatan harian pasien

B.     STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TINDAKAN

1.      ORIENTASI
·      Salam terapeutik
Selamat pagi pak ?
·      Evaluasi validasi
Bagaimana perasaan bapak hari ini ? Apakah sudah bapak praktekkan cara BAB/BAK yang baik seperti yang saya ajarkan kemaren?


·      Kontrak

-     Topik      : Bgaimana kalau kita berbincang-bincang tentang cara berdandan yang baik pak, bapak mau?
-     Waktu    : Jam berapa ? sekarang ya pak ? berapa lama waktu                           yang kita butuhkan ?
-     Tempat   : Di mana ?
-     Tujuan    : Agar bapak bisa mempraktekkan cara berdandan dengan baik.
-      
2.      FASE KERJA
Apakah bapak sudah ganti baju sehabis mandi? Nah sekarang rambutnya dirapiin, kalau ada minyak rambut di kasi minyak rambut pak, kalau ada bedak tabur pakai aja biar wajah tampak cerah.

3.      FASE TERMINASI
·      Evaluasi Subjektif
Bagaimana perasaan bapak setelah kita berbincang-bincang tentang cara berdandan?
·      Evalusai Objektif
Coba bapak ulangi lagi apa yang sudah suster ajarkan tadi tentang cara berdandan. bapak masih ingat ?
·      Rencana Tindakan lanjut
Bagaimana kalau kita masukkan kegiatan ini dalam jadwal harian bapak?
·      Kontrak
-     Tipok      : Bagaimana kalau nanti kita berbicang tentang suara apa yang bapak   bapak dengar dulu sebelum masuk RS sehingga bapak bisa masuk kesini dan cara mengontrol halusinasi.
-     Waktu    : Jam berapa ? berapa lama waktu yang kita butuhkan ?
-     Tempat   : maunya di mana tempatnya ?

-     Tujuan    : Agar bapak bisa menghardik saat suara itu muncul lagi.