Strategi Pelaksanaan Harga Diri Rendah

Strategi Pelaksanaan Harga Diri Rendah


Nama Klien              : Tn.I
Hari/Tanggal            : Jumat,07 Maret 2014
SP ke/Pertemuan      :1/ 4
Ruangan                   : Yudistira
A.  Proses Keperawatan
1.      Kondisi Klien
DS : Klien mengatakan dirinya banyak jerawat
DO : Klien tampak hanya sering tiduran ditempat tidur dan jarang bergaul dengan orang lain
2.      Duagnosis Keperawatan
Harga Diri Rendah
3.      Tujuan Khusus
·         Klien mampu mengidentisikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki
·         Klien mampu menetapkan atau memilih kegiatan yang sesuai kemampuan
·         Klien mampu menilai kemampuan yang dapat digunakan
·         Klien mampu merencanakan kegiatan yang sudah dipilihnya
·         Klien mampu melatih kegiatan yang sudah dipilih sesuai kemampuannya

4.      Tindakan Keperawatan
·         Mengidentifikasi kemampuan dan aspek posotif yang masih dimiliki klien
·         Membantu klien agar mampu menilai kemampuan yang dapat digunakan
·         Membantu klien agar dapat merencanakan kegiatan sesuai kemampuannya
·         Membantu klien agar dapat memilih atau menetapkan kegiatan sesuai kemampuan
·         Melatih kegiatan klien yang sudah dipilih sesuai kemampuan
·         Menganjurkan klien memasukkan kedalam jadwal harian

B.  Strategi Komunikasi
1.      Orientasi
a.       Salam Terapeutik
“Selamat pagi I ? Masih ingat dengan saya ?”
b.      Evaluasi Validasi
“Bagaimana perasaan I hari ini ?”
c.       Kontrak
·         Topik
“Bagaimana kalau hari ini kita berbincang-bincang tentang kemampuan apa yang I punya ? apakah I bisa ?”
·         Waktu
“Jam berapa I ? Bagaimana kalau sekarang ?”
·         Tempat
“I maunya dimana ? Bagaimana kalau disini saja ?”
d.      Tujuan : Agar I bisa mengembangkan kemampuan yang I punya

2.      Kerja
“Coba bapak sebutkan apa saja yang bisa I lakukan ! Suster yakin I pasti memiliki kemampuan atau hobi yang I suka.”
“Nah apa saja ? Coba ceritakan ke suster. “
“Bagus.Apalagi ?”
“Suster bikin kan daftarnya ya.Coba sekarang I pilih salah satu yang I mampu lakukan di rumah sakit !”
3.      Terminasi
·         Evaluasi Subjektif
“Bagaimana perasaan I setelah kita berbincang-bincang dan bernyanyi tadi ?”
·         Evaluasi Objektif
“Coba I ulangi lagi ?”
·         Rencana Tindak Lanjut
“Bagaimana kalau kita masukkan kegiatan ini dalam jadwal harian I ?”
·         Kontrak
Topik     : “Bagaimana kalau nanti kita latih kemampuan I yang lainnya ?”
Waktu    : “Jam berapa ? Bagaiman kalau jam 11 saja ?”
Tempat  : “Dimana ? Bagaimana kalau disini lagi ?”
Tujuan   : “Agar I lebih percaya diri dan banyak kemampuan I yang bisa I lakukan.”


STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN HARGA DIRI RENDAH


Nama Klien              : Tn.I
Hari/Tanggal            : Sabtu,08 Maret 2014
SP ke/Pertemuan      :2 / 5
Ruangan                   : Yudistira
A.    Proses Keperawatan
1.      Kondisi Klien
DS : Klien mengatakan senang berinteraksi dengan orang lain
DO : Klien tampak berinteraksi dengan pasien lainnya
2.      Diagnosa Keperawatan
Harga Diri Rendah
3.      Tujuan Khusus
·         Klien mampu mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
·         Klien mampu melatih kemampuan kedua
·         Klien mampu memasukkan kedalam kegiatan harian pasien
4.      Tindakan Keperawatan
·         Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien
·         Melatih kemampuan kedua pasien
·         Menganjurkan pasien memasukkan kedalam jadwal kegiatan harian

B.    Strategi Komunikasi
1.      Orientasi
a.       Salam Terapeutik
“Selamat pagi I ? Masih ingat dengan saya ?”
b.      Evaluasi Validasi
“Bagaimana perasaan I hari ini, apakah bapak sudah melatih kemampuan bapak bernyanyi n berjoget ?”
c.       Kontrak
·         Topik
“Bagaimana kalau hari ini kita berbincang-bincang tentang kemampuan kedua bapak yaitu menyapu? apakah bapak bisa ?”
·         Waktu
“Jam berapa I ? Bagaimana kalau sekarang ?”

·         Tempat
“I maunya dimana ? Bagaimana kalau disini saja ?”
d.      Tujuan : Agar I bisa mengembangkan kemampuan yang I punya

2.      Fase Kerja
Sebelum kita mulai menyapu, mari I ambil sapunya dulu! Sekarang coba menyapu! Ya bagus!

3.      Fase Terminasi
a.       Evaluasi subjektif
Bagaimana perasan I setelah menyapu?
b.      Evaluasi objektif
Pasien tampak senang
c.       Rencana tindakan
Bagaimana kalau kemampuan menyapu bapak kita masukkan kedalam kegiatan harian bapak? Mau pak?
d.      Kontrak
·        Topik
Bagaimana kalau hari senin kita berbincang tentang kebersihan diri miasalnya mandi? Mau pak?
·         Waktu
Jam berapa pak? 10 menit ya?
·         Tempat
Dimana pak? Disini lagi ya pak?
·         Tujuan
Agar bapak bisa mempraktekkan cara mandi yang baik dan menyegarkan badan bapak